Cuaca Ekstrem hingga Akhir Maret, BPBD Sumedang Minta Warga Waspadai Potensi Bencana

Cuaca Ekstrem hingga Akhir Maret, BPBD Sumedang Minta Warga Waspadai Potensi Bencana
Foto BPBD Sumedang/ruber.id

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Potensi cuaca ekstrem masih mengancam sebagian besar wilayah Jawa Barat hingga akhir bulan Maret 2023 ini.

Meskipun, prediksi puncak musim hujan di bulan Febuari lalu. Namun, curah hujan ringan hingga sedang dan petir masih diprediksi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap waspada. Terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Sumedang.

Atang menegaskan, masyarakat yang tinggal di daerah bertebing atau lereng harus ekstra waspada. Dan sebaiknya, mencari tempat yang aman terlebih dahulu.

“Demikian juga, dengan warga yang rumahnya berada di dekat pohon besar, harus hati-hati bila terjadi hujan. Disertai, angin kencang,” kata Atang, Selasa (28/3/2023).

Atang menjelaskan, BPBD Kabupaten Sumedang, telah mengambil berbagai langkah untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Seperti menginformasikan prakiraan cuaca kepada kepala SOPD, para Camat, kepala Desa, dan unsur lainnya.

“BPBD Sumedang, juga terus menyampaikan update perkiraan cuaca. Baik melalui pesan secara perseorangan atauvpun melalui berbagai media sosial yang dimilikinya,” kata Atang.

Atang menegaskan, hal ini sangat penting, agar masyarakat selalu mengetahui. Atau waspada bila di daerahnya terjadi hujan yang berpotensi menimbulkan bencana alam.

“Oleh karena itu, sebagai masyarakat, kita harus saling membantu dan mengambil langkah pencegahan yang tepat. Sehingga, terhindar dari bahaya akibat cuaca ekstrem yang masih mengancam hingga akhir Maret ini,” ucap Atang.