Optimalisasi Pengelolaan DBHCHT 2024 di Sumedang melalui Capacity Building

Optimalisasi Pengelolaan DBHCHT 2024 di Sumedang melalui Capacity Building
Ist/R015/ruber.id

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Pemkab Sumedang terus berkomitmen untuk melakukan optimalisasi penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Salah satu langkah yang ditempuh yaitu dengan menyelenggarakan Capacity Building bagi para pengelola kegiatan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menerima alokasi DBHCHT.

Kegiatan ini, diadakan di Sapphire City Park Sumedang dan dibuka oleh Pelaksana Harian Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumedang, Dikdik Syeh Rizki, Kamis (27/6/2024).

Dalam sambutannya, Dikdik menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam perencanaan, penganggaran, penggunaan, dan pelaporan penggunaan DBHCHT di Sumedang.

Ia menekankan, peserta kegiatan, yang terdiri dari para pengelola kegiatan dan Pelaksana Teknis dari berbagai OPD, diharapkan dapat memahami dengan lebih baik regulasi yang tercantum dalam PMK Nomor 215/PMK/07/2021 mengenai penggunaan DBHCHT.

Dikdik menambahkan, kegiatan Capacity Building ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menyusun Rencana Kegiatan dan Penggaran (RKP).

Selain itu, kata Dikdik, dalam pengendalian dan penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan dan Keuangan DBHCHT di Kabupaten Sumedang.

Dikdik berharap, melalui kegiatan ini, sinergi antarpengelola kegiatan akan semakin ditingkatkan.

“Sehingga proses perencanaan, penganggaran, dan penggunaan DBHCHT dapat berjalan lebih optimal di Kabupaten Sumedang,” kata Dikdik.