Visi Misi Dony-Fajar, 9 Program Unggulan untuk Sumedang Lebih Maju

Visi Misi Dony-Fajar, 9 Program Unggulan untuk Sumedang Lebih Maju
Dony-Fajar larut dalam kegembiraan bersama ribuan warga Sumedang saat Pesta Rakyat di Alun-alun Sumedang, Minggu (1/9/2024). R015/ruber.id

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Calon Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, bersama calon wakilnya, Fajar Aldila, telah resmi meluncurkan program unggulan untuk periode 2024-2029.

Mengusung tagline “Lanjutkan Sumedang Lebih Maju!”, program ini bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi yang ambisius demi kemajuan Kabupaten Sumedang.

Visi Dony-Fajar

Visi Dony-Fajar yaitu “Sumedang Simpati Semakin Maju Menuju Indonesia Emas 2045”.

Ini mencerminkan tekad untuk menciptakan Sumedang yang aman, nyaman, dan sejahtera dengan mengedepankan nilai moral keagamaan dan keragaman.

Tujuan utamanya, yakni mengembangkan daerah yang maju dan berkeadilan dengan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya manusia, alam, serta berbagai sektor.

Termasuk pertanian, ekonomi, budaya, dan teknologi ramah lingkungan menuju Generasi Emas 2045.

Misi Dony-Fajar

Penguatan Nilai Religius dan Demokratis: Mewujudkan generasi emas yang produktif dan unggul melalui nilai-nilai religius, ketaatan hukum, dan demokrasi.

Peningkatan Kinerja Aparatur: Mengoptimalkan tata kelola pemerintahan yang jujur, akuntabel, bebas korupsi, dan berbasis teknologi digital.

Percepatan Pembangunan Infrastruktur: Meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar, pengembangan wilayah, dan kawasan industri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Peluang Kerja dan Keterampilan: Memperluas kesempatan kerja dan keterampilan untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

Reforma Agraria dan Pertanian: Meningkatkan produktivitas pertanian, revitalisasi irigasi, serta mendukung mekanisasi dan alat mesin pertanian guna ketahanan pangan.

Pembangunan Sektor Industri dan Perdagangan: Meningkatkan pendapatan pelaku usaha melalui revitalisasi pasar, bantuan teknologi, dan permodalan.

Bantuan Keuangan Desa: Meningkatkan bantuan keuangan desa serta mengoptimalkan insentif untuk berbagai pihak terkait.

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Meningkatkan program inklusif untuk pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan layanan lansia.

Pengembangan Seni dan Budaya: Memperkuat peran pelaku seni budaya, komunitas kreatif.

Selain itu, sektor pariwisata berbasis kekayaan alam dan kebudayaan dalam rangka implementasi SPBS (Sumedang Puseur Budaya Sunda).

Dony Ahmad Munir dan Fajar Aldila mengajak seluruh masyarakat Sumedang untuk bergabung dalam visi besar ini.

“Kami berharap, 9 program unggulan ini, dapat membawa perubahan positif dan kemajuan signifikan bagi Kabupaten Sumedang dalam 5 tahun ke depan,” kata Dony.***