Pembukaan Kejuaraan Tarkam 2024: Menpora Titipkan Harapan Besar pada Kang Indra

Pembukaan Kejuaraan Tarkam 2024
Tenaga Ahli Menpora, Luhur Dewanthono naik kuda renggong saat Pembukaan Kejuaraan Tarkam 2024 di Sumedang. ist/ruber.id

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024 resmi dibuka di Kabupaten Sumedang, Senin (30/9/2024).

Acara ini, bukan sekadar kompetisi olahraga, tetapi juga momentum penting bagi masyarakat Sumedang untuk membangun semangat sportivitas dan kebersamaan.

Dalam sambutannya, Tenaga Ahli Menpora, Luhur Dewanthono menyampaikan apresiasi sekaligus titipan harapan kepada putra daerah Sumedang, Indra Jayaatmaja, yang juga seorang ASN di Kemenpora.

Luhur menegaskan, Kejuaraan Tarkam merupakan inisiatif pemerintah untuk mendorong masyarakat aktif berolahraga dan meningkatkan budaya olahraga di tingkat lokal.

“Program Tarkam ini, merupakan arahan langsung dari Bapak Presiden Joko Widodo. Tujuannya, untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam aktivitas fisik dan olahraga.”

“Untuk masyarakat Sumedang, berolahraga secara rutin adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan produktivitas,” ujar Luhur.

Diketahui, Sosok Indra Jayaatmaja, yang dikenal memiliki hubungan erat dengan tanah kelahirannya, turut diapresiasi.

Menurut Luhur, melalui komunikasi yang baik antara Indra dan pemerintah daerah, berbagai kegiatan Kemenpora dapat dihadirkan di Sumedang.

“Di sini, saya didampingi oleh Kang Indra, seorang anak muda Sumedang yang berkarier di Kemenpora dan memiliki kepedulian besar terhadap daerahnya.”

“Berkat perhatian dan kontribusi beliau, kolaborasi antara Pemkab Sumedang, anak muda Sumedang, dan Kemenpora berjalan lancar,” kata Luhur.

Luhur mengungkapkan, selain Kejuaraan Tarkam, ada berbagai acara lain hasil kolaborasi dengan Kemenpora yang digelar di Sumedang. Seperti West Java Paragliding Championship dan Sumedang Creative Festival.

Ia optimistis, kegiatan-kegiatan ini tidak hanya akan memajukan olahraga di Sumedang. Tetapi mampu memberi dampak positif pada ekonomi lokal.

“Untuk Kang Indra, saya titip Sumedang agar semangat masyarakatnya untuk berolahraga terus meningkat. Kolaborasinya dengan pemerintah pusat semakin baik, dan anak-anak mudanya semakin kreatif,” tegas Luhur.

Kang Indra: Ini Hasil Kerja Sama Kolektif antara Pemkab dan Masyarakat Sumedang

Di sisi lain, Indra Jayaatmaja merasa terhormat atas kepercayaan dan apresiasi yang diberikan kepadanya.

Namun, Indra menekankan, keberhasilan acara ini adalah hasil dari kerja sama dan semangat kolektif antara pemerintah daerah dan masyarakat Sumedang.

“Saya hanya kebetulan berada di Kemenpora, namun semangat besar dari Pemkab Sumedang dan anak-anak muda di sini yang membuat kolaborasi ini terwujud,” kata Indra.

Kejuaraan Tarkam Sumedang 2024 diikuti oleh peserta dari 26 kecamatan, mempertandingkan empat cabang olahraga. Yaitu Atletik (lari 60 dan 80 meter), senam, bola voli, dan tenis meja.

Pembukaan yang berlangsung meriah turut dihadiri oleh Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Suyadi Pawiro dan Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Aris Subiyono.

Acara ini, diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat Sumedang untuk terus mengembangkan olahraga di tingkat lokal serta membina generasi muda yang kreatif dan berdaya saing.

Dalam kesempatan ini, Luhur juga memberikan penghargaan khusus kepada Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli dan Pemkab Sumedang atas kolaborasi yang luar biasa dengan Kemenpora dalam menyelenggarakan acara ini.***