Perbaikan Bendungan Cariang di Ujungjaya Jadi Prioritas Dony-Fajar

Perbaikan Bendungan Cariang Ujungjaya Jadi Prioritas Dony-Fajar
Paslon bupati/wakil bupati Sumedang nomor urut 2, Dony-Fajar foto bareng petani di Ujungjaya, Kamis (16/10/2024). Ist/ruber.id

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumedang di Pilkada 2024, Dony Ahmad Munir dan Fajar Aldila, menggelar safari politik yang berkesan di Kecamatan Ujungjaya, Rabu (16/10/2024).

Dalam kesempatan ini, paslon bupati/wakil bupati Sumedang nomor urut 2 ini, tidak hanya mendengarkan aspirasi warga dari kelompok tani (Poktan).

Tetapi, menggarisbawahi komitmen mereka untuk memperbaiki Bendungan Cariang yang vital bagi wilayah ini.

Dony Ahmad Munir mengatakan, sejak 2022, saat menjadi bupati Sumedang, langkah-langkah telah dilakukan pemerintahannya dalam menangani masalah Bendungan Cariang, Ujungjaya.

Dony mengakui, meskipun penanganan sementara telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, namun hal tersebut belum cukup.

“Kami telah membuat tanggul darurat, dan turun langsung dengan bantuan alat berat serta pasokan solar dan benih untuk para petani,” kata Dony.

Namun, fokus utamanya yaitu memastikan perbaikan bendungan dilakukan secara permanen.

“DED (detail engineering design) untuk perbaikan bendungan telah dimulai tahun ini, dengan rencana konstruksi dimulai pada tahun 2025. Proyek ini, diperkirakan akan memakan waktu dua tahun,” ucap Dony.

Selain berkomitmen terhadap pertanian yang berkelanjutan, Dony juga berjanji untuk mengembangkan lapangan kerja melalui pembangunan kawasan industri baru di Sampora (Buahdua).

“Kawasan industri ini, direncanakan akan menyerap hingga 100.000 tenaga kerja lokal. Memprioritaskan kesempatan kerja bagi warga setempat,” tutur Dony.

Dony berharap, setelah perbaikan bendungan selesai, petani dapat melakukan panen tiga kali setahun.

Selain itu, mendukung program ketahanan pangan dengan akses mudah terhadap pupuk, air, dan benih.

Ini merupakan langkah konkret dari Dony Ahmad Munir dan Fajar Aldila dalam memajukan Sumedang ke arah yang lebih maju.

“Kami berharap dengan dukungan penuh dari masyarakat, visi untuk Sumedang lebih maju dapat terwujud dengan baik dan dapat menghadirkan masa depan yang lebih cerah bagi semua,” sebut Dony.***