Bupati Sumedang Kukuhkan Cihanjuang Cimanggung sebagai Destana

Bupati Sumedang Kukuhkan Cihanjuang Cimanggung sebagai Destana

BERITA SUMEDANG.ruber.id – BPBD Kabupaten Sumedang kembali membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Selasa, 28 Juni 2022.

Bupati 1 H Dony Ahmad Munir saat menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, pembentukan Destana Cihanjuang ini merupakan salah satu ikhtiar pemerintah dalam rangka menanggulangi persoalan kebencanaan pada tiap desa di Kabupaten Sumedang.

“Ini salah satu ikhtiar kami dalam menanggulangi persoalan bencana di Sumedang, maka dibentuklah sebuah wadah bernama Destana atau Desa Tangguh Bencana,” ujar Bupati.

Setelah dibentuk, lanjut Bupati anggota Destana ini kemudian dilatih, diberikan pengetahuan, kearifan lokal, serta teknologi untuk menanggulangi bencana.

“Karena Sumedang ini merupakan daerah yang memiliki resiko bencana, jadi kita bentuk di setiap desa ini Destana.”

Baca juga:   Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Warga Sumedang Terima Sembako

“Sehingga bisa mencegah, menanggulangi, mendeteksi dini, lapor dini dan menanggulangi bencana dengan baik sehingga pada akhirnya rakyat bisa terlindungi,” tuturnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada BPBD Sumedang yang telah menyelenggarakan Pembentukan Destana dengan cara berkesinambungan.

“Ini kegiatan yang mulia dalam rangka memberikan bantuan kemanfaatan kepada manusia lainnya. Teruskan semangatnya, karena pemimpin itu harus memiliki dua cinta, yakni mencintai pekerjaannya dan mencintai yang dipimpinnya,” ucapnya.

Sementara itu Kalak BPBD Atang Sutarno mengatakan dengan dilaksanakannya pembentukan Destana diharapkan para peserta bisa memahami ancaman, kerentanan, kapasitaas resiko bencana serta memahami langkah-langkah dalam mencegah dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Selain itu mampu menginterprestasikan tentang kebencanaan baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat sehingga masyarakat tidak resah dengan kondisi yang ada,” ucapnya.