Bupati Sumedang: Melindungi Warga adalah Tanggung Jawab Pemimpin

Sumedang, Melindungi Warga adalah Tanggung Jawab Pemimpin

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengingatkan kepada camat dan kepala desa agar sebagai pemimpin harus bertanggung jawab dalam melindungi warga kita.

Bupati Dony menyampaikan pesan tersebut pada acara Pengukuhan dan Peningkatan Kapasitas Destana se-Kecamatan Tanjungsari yang digelar di Desa Kutamandiri, Rabu, 7 Desember 2022.

“Demi masyarakat kita ada ikhtiar lahir, ada ikhtiar batin. Ikhtiar lahirnya seperti kegiatan ini, batinnya sisipkan doa kita untuk masyarakat Sumedang agar terhindar dari bencana, diberi kesehatan, masyarakatnya sejahtera dan daerahnya maju,” ucap Bupati

Hal tersebut, kata Dony terbukti manjur saat Covid-19 melanda, Kabupaten Sumedang masih tetap bisa bertahan menghadapinya.

“Saya merasakan ketika Covid-19 menyerang. Yang lain tidak bisa membangun karena Covid-19 ini. Tapi Sumedang bersyukur masih bisa membangun. Mungkin ini dari doa semuanya,” kata Bupati.

Bupati berharap, Desa Tangguh Bencana (Destana) tidak hanya sebatas dikukuhkan para pengurusnya saja, tapi benar-benar bergerak di lapangan.

“Jangan sampai ada bencana di depan, kita tidak bisa menanggulanginya. Harus jadi contoh, jadi pinoir dan teladan,” kata Bupati

Bupati juga mengapresiasi atas antusiasme warga yang begitu kompak menyambut kedatangannya di Desa Kutamandiri.

“Terima kasih atas penerimaan yang luar biasa dari seluruh komponen masyarakat Kutamandiri. Ini menunjukkan sebuah kekompakan, kebersamaan, partisipasi dan keswadayaan Desa Kutamandiri,” ujarnya.

Bupati meminta agar kekompakan dan kebersamaan itu terus dijaga, dipertahankan dan dikembangkan.

“Karena kekompakan dan kebersamaan adalah kunci kalau desa kita ingin maju. Masalah apapun yang ada di hadapan kita, bisa kita pecahkan dan harapan apapun kita wujudkan,” ucapnya.

Terakhir Bupati Mengukuhkan 50 anggota Desa Tangguh Bencana se Kecamatan Tanjungsari ditandai dengan pemakaian baju dan topi kepada perwakilan anggota Destana oleh Bupati.

Destana Telah Terbentuk di Sejumlah Kecamatan

Sementara itu, Kepala BPBD Sumedang Atang Sutarno mengatakan, pelantikan tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan. Seperti halnya yang telah dilakukan di beberapa kecamatan dalam rangka pembinaan, pengukuhan dan pembentukan Destana.

“Kita telah membentuk di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Sumedang. Hari ini pun Destana di Kecamatan Tanjungsari dikukuhkan langsung oleh Pak Bupati,” ucap Atang.

Lebih lanjut dikatakan Atang, tujuan pembentukan Destana di desa-desa di tiap kecamatan mempunyai tujuan yang sama agar masyarakat siap dan tangguh apabila terjadi bencana.

“Jadi masyarakat tidak akan lagi bertanya kepada siapa apabila terjadi bencana,” ujar Atang 

Atang menerangkan, relawan Destana Kabupaten Sumedang juga telah dilibatkan dalam membantu korban gempa di Cianjur yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

“Kita telah mengirimkan anggota Destana ke Cianjur ditambah dengan relawan. Meskipun sana ada relawan, tapi tidak seperti yang ada¬† di kita.”

“Alhamdulillah, Destana sudah bisa difungsikan dalam memberikan pertolongan dan bantuan kepada kabupaten tetangga,” terang Atang.