BERITA SUMEDANG.ruber.id – Kabupaten Sumedang akan meluncurkan City Branding sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing melalui penguatan identitas lokal.
Rancangan ini, telah dibahas dalam Forum Group Discussion (FGD) di Gedung Negara Sumedang, Kamis, 1 Febuari 2024.
Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman menyatakan, desain standar untuk City Branding Kabupaten Sumedang sudah tersedia.
Mencakup, logo dan tagline yang akan memanfaatkan potensi ekonomi dan wisata daerah tersebut.
“Desain tersebut telah menerima masukan visual yang mewakili Sumedang dengan baik.”
“Tagline yang diusung mengacu pada potensi Sumedang, seperti Sumedang Het Paraijs Van Java, Sumedang Tje Soul of Sunda, dan Sumedang City of Knowledge,” ujarnya.
Dengan kehadiran City Branding ini, Herman optimistis dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang. Terutama, dengan banyaknya destinasi wisata baru yang telah muncul.
“Fokus kami, meluncurkan City Branding ini awal tahun ini untuk digunakan dalam berbagai korespondensi, merchandise, dan cinderamata.”
“Semoga, ini dapat memberikan dorongan positif bagi ekonomi masyarakat, khususnya UMKM,” tambah Herman.
Sementara, Fasilitator FGD dan perancang City Branding Septian Firmansyah menjelaskan, tujuan City Branding ini, untuk meningkatkan daya saing melalui peningkatan kunjungan wisata, investasi, dan penguatan identitas.
“City Branding bertujuan memberikan Sumedang unique selling point, menciptakan citra menarik, merangsang proses pembaharuan kota. Selain itu, membangun semangat warga,” ucapnya.
Septian menambahkan, City Branding merupakan bagian dari upaya mendukung daerah sebagai kota kreatif.
Terdapat sebelas formula, termasuk Forum Ekonomi Kreatif, Komite Ekonomi Kreatif, Ekosistem Kreatif, navigasi pembangunan kota.
Kemudian, strategi komunikasi dan narasi, festival kreatif, design action, wirausaha kreatif, Command Center, dan City Branding.
Dengan langkah-langkah ini, Sumedang berharap menjadi kota yang kreatif dan memiliki daya saing yang kuat di tingkat lokal maupun nasional.