Leadership dan Mindset Jadi Poin Penting Even WJDS IFes 2022 di Sumedang

Leadhership dan Mindset Jadi Poin Penting Even WJDS IFes 2022 di Sumedang

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Leadership dan Mindset Jadi Poin Penting Even WJDS IFes 2022 di Sumedang. Hari kedua penyelenggaraan West Java Digital Services International Festival (WJDS IFes) 2022, di Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang diisi acara talkshow interaktif, Jumat, 23 Desember 2022.

Talkshow dengan tema “Digital Services dalam Perspektif Dunia Usaha” menghadirkan beberapa narasumber yakni CEO Inixindo Jogja.

Kemudian, CEO Jakarta Smart City, CEO Stealien Korea dan CEO Live Person Australia dengan moderator Direktur Sekretariat Wantiknas, Gerry Firmansyah.

CEO Inixindo Jogja Andi Yuniantoro menyampaikan, kunci utama dari pelaksanaan ‘digital services’ bukan hanya sekedar teknologi, tetapi juga perubahan ‘mindset’ dan ‘leadership’.

“Aplikasi adalah ‘view’ yang paling ujung dari ‘iceberg’, bukan posisi dari substansi atau inti dari ‘digital sevices’,” ujar Andi

Andi mengatakan, setidaknya ada 5  rumus ‘mindset’ sebagai pondasi yang harus dimiliki oleh ASN selaku pengelola digital services.

“Ada lima, yaitu mengubah ‘government sentris’ ke ‘public sentris’, data terpusat dan bisa dikelola, mengubah value lama menjadi value baru.”

“Yaitu sebagai fasilitator dan kolaborator, menciptakan inovasi dan terobosan yang ‘gila’ dan memiliki integrasi aplikasi yang sama,” ucap Andi.

Sementara itu, CEO Jakarta Smart City, Yudistira Nugraha memaparkan, leadership tidak hanya fokus pada satu individu melainkan bagaimana melakukan perubahan dan kolaborasi.

“Ini akan terkait dengan ‘individual leadership’ yang nanti digabung menjadi ‘collective leadership,” ujar Yudi.

Menurut Yudi, ‘digital leadership’ adalah bagaimana mengombinasikan individual menjadi sebuah ‘collective leadership’.

Di mana pada akhirnya, menghasilkan ‘government sentris’ menuju ‘public sentris’.

Yudis menyebutkan, data menjadi sesuatu yang sangat penting dalam konteks pemerintahan untuk memprediksi perubahan ke depan.

“Contohnya Google, bisa melihat layanan apa yang bisa digunakan para pengguna dalam lima tahun kedepan,” ucap Yudi.