Malam Sultan Awards Tutup Rangkaian Milangkala Sumedang Selatan

Malam Sultan Awards Tutup Rangkaian Milangkala Sumedang Selatan

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Malam Penganugerahan Sumedang Selatan (Sultan Awards) menutup rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Milangkala Kecamatan Sumedang Selatan yang ke 77 sekaligus peringatan HUT ke-77 RI, Senin, 22 Agustus 2022.

Malam Penganugerahan Sultan Awards ini bertempat di halaman kantor Kecamatan Sumedang Selatan. Dan diisi dengan pagelaran seni dan produk UMKM dari berbagai kelurahan dan desa di Kecamatan Sumedang Selatan.

Hari Jadi Sumedang Selatan 19 Agustus

Camat Sumedang Selatan Marlina mengatakan, Hari Jadi Kecamatan Sumedang Selatan jatuh tepat pada tanggal 19 Agustus, dan kini genap 77 tahun.

“Ini adalah Milangkala ke dua kalinya diperingati. Kami telah melaksanakan pagelaran seni dan budaya selama lima hari lima malam. Alhamdulillah 53 jenis seni budaya telah ditampilkan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, seni dan budaya di kecamatannya sangat potensial dan beragam bahkan telah pantas ditampilkan di kancah nasional.

“Kami memohon di sini kepada Kepala Disparbudpora untuk bisa mengeksplor kembali seni dan budaya yang ada di Kecamatan Sumedang Selatan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga pemberian penghargaan dengan bertajuk Sultan Awards Tahun 2022.

“Kecamatan Sumedang Selatan mengadakan Sultan Awards seiring ditunjuk sebagai kecamatan yang menuju Kelas Dunia. Kita sudah memiliki Command Center yang luar biasa dan sudah bisa dipakai untuk mengevaluasi desa,” ujarnya

Ia mengatakan, Awards Sultan ini meliputi beberapa kategori penghargaaan yakni Sakip Desa dan Kelurahan Award,  Perkembangan Desa Award, PBB Awards, Lomba Kebersihan Award dan Sultan Fashion Week Award yang kemarin dilaksanakan di Alun-Alun Sumedang.

“Pak Bupati berkenan memberikan penghargaan semua Awards. Memang tidak seberapa besar hadiahnya, tetapi Insyallah maknanya luar biasa,” kata Marlina.

Ia menambahkan, para pemenang setiap kateggori dibacakan oleh kepala desa dan lurah beserta pasangan nya masing-masing.

“Pak Bupati jangan kaget. Nanti kita saksikan dengan segala gaya seni dan keharmonisan masing-masing para Lurah dan Kepala Desa di hadapan kita semua,” katanya.

Bupati Dony Apresiasi Sumedang Selatan

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengapresiasi puncak acara Milangkala Kecamatan Sumedang Selatan yang dirangkaikan dengan HUT Ke-77 RI selama lima hari ima malam tersebut.

“Malam ini ditutup dengan acara yang sangat apik, pernuh warna, penuh makna dan sangat meriah. Ini sebuah tanda bahwa Kecamatan Sumedang Selatan dengan para kepala desa dan lurahnya guyub, kompak dan penuh kebersamaan,” ucapnya

Bupati tidak menyangka banyak “artis dadakan” yang ternyata para Kades dan Lurah yang beserta istrinya mengumumkan nominasi para juara.

“Itu tidak mudah dilakukan datang bareng ke depan. Saya yakin di rumahnya nyari baju yang sama agar bisa tampil dengan maksimal di depan. Luar biasa. Terima kasih. Ini sebuah inovasi dan kreatifitas baru dimana semuanya ikut berpartisipasi,” ujarnya

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati memberikan kesempatan kepada Kecamatan Sumedang Selatan untuk terlibat pada perhelatan yang digelar Kementerian Pemuda Olah Raga RI.

“Insyaallah tanggal 3 sampai dengan 4 September 2022 Sumedang ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga menjadi tuan rumah Creative Youth Fest di Alun-Alun Sumedang.”

“Saya minta nanti pengisi seni dan budaya-nya dari Kecamatan Sumedang Selatan. Jadi masuk langsung ke tingkat nasional¬†Selangkah lagi menuju World Class District atau Kecamatan Kelas Dunia,” ucapnya.

Berikut peraih penghargaan dalam Sultan Awards

Kebersihan Desa Terbaik oleh Desa Citengah.

Kebersihan Kelurahan Terbaik oleh Kota Kulon.

Desa Perkembangan Terbaik diraih Desa Ciherang.

Perkembangan Kelurahan Terbaik oleh Kelurahan Cipamengpeuk.

Sakip Desa Terbaik oleh Desa Ciherang.

Kelurahan Sakip Terbaik oleh Kelurahan Regol Wetan.

Realisasi PBB Terbaik Desa Mekar Rahayu.