Narasumber Reform Corner Apresiasi Perubahan Sumedang

Narasumber Reform Corner Apresiasi Perubahan Sumedang

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Banyak melakukan perubahan di Kabupaten Sumedang, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mendapatkan apresiasi dari dua narasumber acara Reform Corner yang digelar di Gedung Negara, Rabu, 18 Januari 2023.

Kedua narasumber Reform Corner tersebut yaitu Wakil Menteri PAN RB dan Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia Profesor Eko Prasojo dan Co-Founder Dr. Ir. Cahyana Ahmadjayadi.

Profesor Eko Prasojo menyampaikan, Sumedang mengalami banyak perubahan signifikan danĀ  menciptakan birokrasi berkinerja tinggi. Dengan berbagai program inovasi termasuk dalam penerapan digitalisasi penyelenggaraan pemerintahan.

Namun demikian, kata Eko, hal tersebut perlu diperkuat dengan berbagai perubahan lainnya.

Seperti perubahan budaya, perubahan struktural yang diikat dengan perubahan digital.

“Yang paling penting semua program RB tidak hanya meningkatkan capaian indeks tapi kebermanfaatan untuk masyarakat secara lebih konkret.”

“Yaitu peningkatan income perkapita, penurunan kemiskinan, peningkatan investasi, pengurangan stunting.”

“Sehingga, program RB ini tidak hanya sekedar menjadi RB kertas dan dokumen tetapi memiliki dampak bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Secara pribadi, Eko meyakini, di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil bupati saat ini.

Selain itu, dengan dukungan Sekda beserta jajaran ASN Sumedang semua bisa dilakukan.

“Saya yakin itu bisa dilakukan dengan komitmen bupati dan wakil bupati dan tentunya dengan pengetahuan, pengalaman dan jaringan sekda,” tuturnya.

Kearifan Lokal Sumedang

Sementara itu, Dr. Ir Cahyana Ahmadjayadi merasa bahagia karena bisa hadir di tengah-tengah orang-orang yang berpikiran maju.

Di sisi lain, bukan hanya berbicara bagaimana teknologi diterapkan, tetapi juga kearifan lokal Sumedang.

“Ada pepatah pepatah sebagai basis tagline SAKTI seperti surti, yaitu proaktif. Menurut saya ini value-value kearifan lokal.”

“Mungkin dulunya Sumedang ada kerajaan dipimpin Prabu Tajimalela sehingga Insun Medal Insun Madangan, hari ini bisa diwujudkan di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati saat ini,” ujarnya.

Cahyana menjelaskan, apa yang pernah didiskusikan beberapa waktu lalu terimplementasi dengan baik di Sumedang.

Ia berjanji akan berkontribusi untuk Sumedang dengan menyumbangkan beberapa flatform digital yang menjadi inisiatif Sumedang.

“Bravo Sumedang, luar biasa, selamat dengan SIMPATI dan SAKTI-nya,” ucapnya.