Sumedang Jadi Tuan Rumah Muswil ICMI Jabar

Sumedang Jadi Tuan Rumah Muswil ICMI Jabar

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Kabupaten Sumedang ditunjuk sebagai tuan rumah pada Musyawarah Wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (Muswil ICMI) Jawa Barat Tahun 2022.

Hal tersebut terungkap saat Ketua ICMI Jawa Barat H M Najib beserta jajaran bertemu dengan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir di Command Center Kabupaten Sumedang, Rabu (6/4/2022).

“Rencananya, kami akan melaksanakan Muswil pada tanggal 14-15 Mei 2022. Kami harap, pada pelaksanaan Muswil ICMI kali ini Sumedang menjadi tuan rumah,” kata Najib.

Najib menyebutkan, pihaknya memiliki beberapa agenda kegiatan di Kabupaten Sumedang. Di antaranya, pembangunan masjid di Desa Margalaksana yang hampir selesai.

“Selain itu, kita juga telah melaksanakan kegiatan ketahanan pangan dengan melakukan penyuluhan bersama camat dengan menanam tanaman talas. Sebagai penopang ketersediaan ketahanan pangan di beberapa kecamatan, salah satunya Kecamatan Situraja,” ujarnya.

Najib berharap, dengan pengalamannya para aparat dan masyarakat desa didorong untuk memiliki ijazah formal dan bahkan bisa menjadi sarjana.

“ICMI Orwil Jabar diamanati Gubernur untuk memperkuat pengetahuan teknologi digital kepada masyarakat desa guna menekan urbanisasi,” katanya.

Najib menyebutkan, ICMI bisa terus bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam rangka memberdayakan umat, diantaranya dalam pemanfaatan teknologi.

“Apabila penguatan teknologi bisa berjalan dengan lancar, maka ekonomi umat puĀ  bisa melesat,” ujarnya.

Bupati Merasa Terhormat Sumedang Jadi Tuan Rumah

Sementara, Bupati Dony merasa terhormat karena Sumedang terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Muswil ICMI Jabar.

“Kami siap menjadi tuan rumah. Untuk detailnya saya harap ada koordinasi antara ICMI Sumedang dengan Sekda. Sehingga, Muswil ini bisa berjalan lancar,” tuturnya.

Dony menambahkan, pihaknya akan memfasilitasi dalam persiapan dan perizinan kegiatan sehubungan Sumedang PPKM masuk Level 2.

“Saya harap Muswil ICMI Muswil ini berjalan lancar dan memberikan makna dan kesan yang baik mengingat Sumedang menjadi tuan rumahnya,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dony juga memaparkan beberapa terobosan sistem informasi berbasis elektronik yang diterapkan di Kabupaten Sumedang.

“Kami memiliki berbagai aplikasi yang sudah direplikasi oleh daerah-daerah lain di Indonesia. Ada e-Sakip, e-Office, Mauneh, Wa Kepo dan masih banyak lagi.”

“Tentunya dengan ini semua kami bisa mempercepat penanganan permasalahan di masyarakat yang nantinya berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Editor: R003