Wow! Sumedang Jadi Kabupaten Terbaik Pertama di Jabar

Sumedang Jadi Kabupaten Terbaik Pertama di Jabar
Foto Humas Pemkab Sumedang.

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Kabupaten Sumedang meraih Terbaik Pertama Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dalam rangka Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan diberikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir. Pada acara Musrenbang Provinsi Jawa Barat yang digelar Bappeda Provinsi Jawa Barat di Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (30/3/2022).

“Alhamdulillah Kabupaten Sumedang kembali mendapat penghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat. Kali ini, terbaik ke-1 se-Provinsi untuk penyusunan dokumen RKPD,” ujarnya.

Bupati berharap raihan prestasi itu dapat memotivasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang agar lebih berkualitas dalam penyusunan perencanaan sebagai awal yang menentukan dalam langkah-langkah ke depan.

Baca juga:   Malam Takbir Lebaran, Bupati Sumedang Berharap Zero Accident dan Kriminal

“Semoga penghargaan ini dapat memberikan motivasi bagi Pemda Kabupaten Sumedang agar perencanaannya lebih berkualitas,” tuturnya.

Dengan perencanaan yang berkualitas, lanjut Bupati, akan mendukung pencapaian target-target dalam mewujudkan Visi Misi Sumedang Simpati

“Tahapan-tahapan perencanaan dilalui dengan sebaik mungkin sehingga Visi Sumedang Simpati yakni sejahtera masyarakatnya, agamis akhlaknya, maju daerahnya, profesional aparaturnya, dan kreatif ekonominya pada Tahun 2023 dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati yang hadir mendampingi Bupati mengatakan, raihan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Jawa Barat tersebut adalah ‘tiket’ untuk meraih prestasi di tingkat nasional.

“Alhamdulillah kita menjadi wakil Jawa Barat untuk tingkat nasional.Nanti tanggal 4 April 2022 akan menerima juri dari Bappenas untuk verifikasi tahap ke-3 Lomba PPD tingkat nasional,” ucapnya.

Baca juga:   Patroli Blue Light, Upaya Polres Sumedang Cegah Kriminalitas

Ia menambahkan, salah satu aplikasi yang diangkat di lomba ini adalah Aplikasi Sipedo (Sistem Informasi Berbasis Database Online).

“Aplikasi ini membidik untuk penurunan pengangguran terbuka dan laju pertumbuhan ekonomi,” katanya

Menurut Tuti, perencanaan itu merupakan awal dari keberhasilan karena pembangunan dikatakan sudah berhasil setengahnya apabila perencanaan itu sudah dilakukan.

“Tinggal bagaimana implementasinya. Oleh karena itu, pengharagaan ini tidak menjadikan berpuas diri, justru tantangan untuk lebih baik lagi ke depan,” tutur Tuti.

Ia berharap, penghargaan PPD tingkat Provinsi Jawa Barat tersebut dapat memberikan motivasi bagi seluruh jajaran Pemkab Sumedang. Dalam menyusun perencanaan yang lebih mendetail, cermat, holistik, tematik dan spesifik.

Editor: R003