Ayo Bangkit Bersama, Bupati Sumedang Sampaikan Pesan Menkominfo

Ayo Bangkit Bersama, Bupati Sumedang Sampaikan Pesan Menkominfo

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Ayo Bangkit Bersama, menjadi tema Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114, tahun 2022 yang diperingati secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, Jumat, 20 Mei 2022.

Di tingkat Kabupaten Sumedang, upacara peringatan Harkitnas terpusat di Lapang Upacara Setda Kabupaten Sumedang dan dipimpin oleh Bupati H Dony Ahmad Munir selaku Pembina Upacara.

“Tema Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 yakni, Ayo Bangkit Bersama. Sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johny G. Plate dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Dony.

Dony menyampaikan, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini.

“Di tengah krisis Pandemi Covid 19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” ucapnya.

Baca juga:   Keanehan Patung Daendels di Unwim Sumedang, Benarkah Gubernur Hindia Belanda Ini Berkumis Tebal?

Menurutnya, pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional kian menunjukan hasil positif.

“Ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus aktif yang sudah berada dibawah angka 500 kasus per 13 Mei 2022. Selain itu, capaian vaksinasi Covid- 19 dosis kedua juga sudah mencapai 70 persen,” ujarnya.

Penanganan Covid 19 yang membaik, lanjut Menteri, berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas secara normal.

“Secara perlahan hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada Triwulan 1 2022 terhadap Triwulan 1 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen. Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan,” katanya.

Menteri mengungkapkan, dari sisi produksi tiga lapangan usaha mengalami pertumbuhan tinggi yakni sektor usaha transportasi dan pergudangan 15,79 persen, sektor jasa-jasa lain 8,29 persen, dan sektor informasi serta komunikasi 17,14 persen.

Baca juga:   Gembrong Liwet, Cara Warga Citali Sumedang Sambut Bulan Suci Ramadan

“Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia,” ungkapnya.

Dikatakan, momentum yang baik tersebut makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”.

“Dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang insklusif serta menjamin keberlanjutan kehidupan dimasa depan,” kata Menteri.

Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia mengusung tiga isu pioritas yaitu arsitektur kesehatan, global, yang inklusif, transformasi berbasis digital dan transisi energi berkelanjutan.

“Tema isu pioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni ditengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat,” ucapnya.

Baca juga:   Jadi Tuan Rumah MTQ ke-37 Jabar, Masyarakat Sumedang Patut Bersyukur

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan pula berbagai penghargaan kepada pemenang lomba dalam rangka Hari Jadi ke-444 Sumedang.

Di antaranya Pendamping Pendamping Lokal Inspiratif, Juara Penerbitan NIB (Nomor Induk Berusaha). Penyuluh Inovatif, Pengelola Kearsipan Tingkat SKPD, Pengelola Perpustakaan. Lomba Cerita rakyat, Lomba Kebersihan Tingkat Kelurahan dan SKPD, dan Lomba Kultum Bahasa Sunda.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, beserta unsur Forkopimda lainnya.