Bawaslu Sumedang Jaring Ratusan Calon Anggota Panwascam

Bawaslu Sumedang Jaring Ratusan Anggota Panwascam

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Pendaftaran untuk calon anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024 telah berakhir. Hingga akhir masa pendaftaran, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang, telah menjaring ratusan calon anggota Panwascam.

Diketahui, pendaftaran dimulai pada 21 September 2022 dan berakhir hari ini, Selasa 27 September 2022.

Animo Masyarakat Sumedang Jadi Anggota Panwascam Tinggi

Komisioner Bawaslu yang juga Ketua Pokja Penerimaan Calon Anggota Panwascam, Minnatillah menuturkan proses rekrutmen berjalan lancar dan sukses.

Hal tersebutz terlihat dari antusiasme seluruh calon di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Alhamdulillah, untuk pendaftar di hari terakhir ini lebih dari 100 orang. Ini membuktikan, animo masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti seleksi Panwascam Pemilu 2024.”

Baca juga:   Peringatan Maulid Nabi di Sumedang, Momentum Perubahan Perilaku

“Bahkan, sampai dengan ditutupnya waktu pendaftaran pukul 17.00 WIB tadi, masih banyak yang menanyakan perpanjangan waktu pendaftaran.”

“Namun tentunya, kami harus mengikuti pedoman seleksi pembentukan Panwascam.”

“Di mana, batas waktu penerimaan berkas administrasi pendaftaran ditutup per tanggal 27 September 2022 pukul 17.00,” jelasnya kepada ruber.id.

Ia menuturkan, antusias calon terlihat dari jumlah pendaftar sebanyak 2 kali lipat dari kuota pendaftar.

Selain itu, ditambah dari keterwakilan pendaftar perempuan yakni sebanyak 30%, juga sudah terpenuhi.

Berdasarkan data yang didapat, total pendaftar Panwascam Bawaslu Sumedang tercatat sebanyak 661.

Dari total tersebut, sebanyak 551 pendaftar memenuhi persaratan secara lengkap. Dengan rincian, 396 laki-laki, dan 155 pendaftar perempuan.

“Pendaftar Panwascam Pemilu tahun 2024 di Bawaslu Sumedang, baik yang melamar melalui online. Atau menyerahkan langsung dan via Pos tercatat hingga ditutupnya waktu pendaftaran sebanyak 661 pendaftar.”

Baca juga:   BSMSS di Sumedang, Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat

“Dengan rincian 551 pendaftar lengkap persyaratannya sesuai dengan pedoman peryaratan. Terdiri dari 396 pendaftar laki-laki, dan 155 pendaftar perempuan.”

“Untuk kebutuhan di Bawaslu Sumedang sendiri, membutuhkan 78 orang anggota Panwascam yang yang akan ditempatkan di setiap kecamatannya, yaitu 3 orang.”

“Terkait keterwakilan perempuan di setiap kecamatan, kami berharap ada perwakilan di tiap kecamatan.”

“Namun tentunya keterwakilan tersebut tergantung pula pada hasil-hasil seleksi selanjutnya,” sebutnya.

ASN Juga Banyak yang Berminat

Ia mengatakan, pendaftar Panwascam Bawaslu Sumedang juga datang dari kalangan ASN. Baik dari PNS maupun PPPK.

Tentunya, dengan persyaratan menyertakan izin dari pimpinan tempatnya bekerja.

“Untuk ASN atau PNS yang mendaftar ke Bawaslu Sumedang cukup banyak. Meski pendaftar tidak menyebar di tiap kecamatan. Namun, yang mendaftar ada dari ASN PPPK dan juga honorer di instansi pemerintahan.”

Baca juga:   Longsor di Perum Asabri Sumedang, Rumah dan Musala Rusak

Ia menambahlan, untuk proses selanjutnya, pada 28 September, Bawaslu Sumedang akan memeriksa berkas pelamar lebih lanjut.

Adapun, untuk pengumuman lolos administrasi penerimaan Panwascam Pemilu 2024 ini akan diumumkan serentak pada 12 Oktober 2022.

“Pengumuman ini akan kami sampaikan di media sosial, dan media massa serentak di seluruh Indonesia sesuai pedoman pembentukan Panwascam.”

“Nantinya, kami berharap, ada yang lulus dari perwakilan perempuan, namun tentunya dengan hasil seleksi yang baik,” ucapnya.