Bupati Sumedang: Hadirnya Aplikasi Layanan Publik Harus Optimal

Bupati Sumedang: Hadirnya Aplikasi Layanan Publik Harus Optimal

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meminta agar semua aplikasi yang dibuat oleh masing-masing OPD Kabupaten Sumedang┬ábenar-benar dapat difungsikan dan dimanfaatkan dalam melayani masyarakat.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan arahan kepada Perangkat Daerah yang berada di Lingkungan Gedung Negara pada pelaksanaan apel pagi di Halaman MPP, Selasa, 6 Desember 2022.

Apel tersebut di ikuti oleh Kepala Disparbudpora Bambang Rianto, Kepala DPMD Endah Kusyaman, Kepala DPMPTSP sekaligus Plt. Kepala Disdukcapil Asep Uus Ruspandi, serta para pejabat dan staf di masing-masing OPD.

“Saya harap aplikasi yang telah dibuat benar-benar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Sumedang. Saya minta agar dibuat fungsional, bisa dipergunakan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Bupati meminta agar semua aplikasi layanan masyarakat yang dimiliki Pemda bisa diinformasikan kepada masyarakat.

Sehingga, para pegawai bisa menyosialisasikan misalnya untuk membuat KTP atau Akta Kelahiran sudah ada aplikasi Silasidakep.

Begitu juga, untuk perizinan ada Si Ice Mandiri dan aplikasi layanan publik lainnya.

“Jangan sampai kita mempunyai aplikasi yang bagus masayarakat tidak tahu. Akhirnya tidak bisa memanfaatkan layanan tersebut,” ucapnya.

Bupati dalam arahannya berharap agar para ASN mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi intinya saya mengajak kepada semuanya untuk betul-betul bisa meningkatkan kinerjanya dalam menjalankan pemerintahan, melayani masyarakat dan melaksanakan pembangunan,” katanya.

Oleh karena itu, agar literasi digital masyarakat naik maka perlu sosialisasi dan ekosistemnya terus terbangun.

“Masalahnya bagaimana masyarakat memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang kita miliki dalam menjalankan kehidupannya.”

“Berarti kewajiban kita menginformasikan, menyosialisasikan apa yang telah kita miliki. Dimulai dari diri kita sendiri,” ucapnya.