Calon Jemaah Haji asal Sumedang Berangkat ke Tanah Suci

Calon Jemaah Haji asal Sumedang Berangkat ke Tanah Suci

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Calon jemaah haji (Calhaj) Kabupaten Sumedang yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 32 menjadi bagian dari sejarah.

Sebab, calhaj yang berangkat tahun ini, merupakan rombongan pertama yang bisa berangkat ke tanah suci, Makkah. Setelah terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyampaikan hal tersebht saat melepas jemaah calon haji asal Kabupaten Sumedang di Gedung Negara, Sabtu, 25 Juni 2022, malam.

“Berkat kesabaran kita, alhamdulillah Ibu Bapak bisa berangkat ke tanah suci. Bersyukur kepada Allah diberikan kesempatan dipanggil Allah menunaikan ibadah haji karena tidak semua orang seperti Ibu Bapak bisa berkesempatan berangkat ke tanah suci,” ucapnya.

Baca juga:   Pandangan MUI Sumedang tentang Kurban saat PMK

Sebagai wujud syukur kepada Allah, Bupati meminta jemaah agar melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya serta berdoa kepada Allah untuk kemajuan Sumedang.

“Tunaikan rukunnya dengan baik, titip doa untuk Sumedang. Doakan para pemimpinnya, Forkofimdanya, aparat pemerintahannya. Mudah-mudahan tetap amanah bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya untuk memajukan Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Bupati juga medoakan para jemaah haji agar diberikan kesehatan, keselamatan, kelancaran dan dimudahkan segala urusannya, diberi semangat tinggi dan motivasi beribadah.

“Saya doakan bisa berangkat ke tanah suci dengan selamat, sampai Mekkah dan kembali juga dengan lengkap di Kabupaten Sumedang. Semangat menunaikan ibadah haji dengan penuh kekhusyuan dan keikhlasan,” katanya.

Bupati berpesan agar dapat menjaga nama baik diri, nama baik keluarga, nama baik Kabupaten Sumedang.

Baca juga:   Cerita 4 Keluarga Mudik dari Jakarta ke Majalengka, Malah Terjebak Banjir Bandang di Sumedang

“Perlihatkan orang Sumedang mah silih asah, silih asih, silih asuh, gotong royong, dan saling membantu. Karena membantu teman pun adalah ibadah. Jadi saling membantu kita kedepankan,” katanya.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag RI) Kab. Sumedang, H. Jajang Apipudin bersyukur bisa melepas tamu-tamu Allah yang berjumlah 392 orang tersebut.

“Laki-Laki 170 orang, Perempuan 222 orang. Jadi jemaah haji memang setiap tahunnya dominan oleh perempuan, baik di Kabupaten Sumedang atau di mana pun,” Ucapnya

Ia menerangkan, jemaah calob haji dilepas di depan Gedung Negara dan diterima di asrama haji Bekasi pada Minggu pukul 06.00 WIB.

“Insyaallah selama sembilan belas jam jemaah calon haji di asrama diberikan layanan, persiapan perbekalan untuk selanjutnya diberangkatkan ke Bandara pada tanggal 27 Juni 2022 pukul 01.30 dan take off terbang 06.30,” terangnya

Baca juga:   ASN Sumedang Kompak Seirama dalam Gerak Senam Simpati

Lebih lanjut dikatakan, jemaah akan dibimbing oleh Kepala Regu (Karu) sebanyak 39 orang dan Kepala Rombongan (Karom) 10 orang.

“Mudah-mudahan para jemaah haji Kabupaten Sumedang diberi kelancaran dan dapat kembali ke Sumedang dengan sehat walafiat dan menjadi haji yang mabrur,” ucapnya

Bupati beserta Wakil Bupati dan Unsur Forkofimda melapas langsung rombongan iring-iringan Bus jemaah di halaman Gedung Negara dengan diiringi suasana tangis haru para pengantar jemaah calon haji.