Pemkab Sumedang Ajak PT Sunsilon Tangani Masalah Sampah Pasar Cimanggung

Pemkab Sumedang Ajak PT Sunsilon Tangani Masalah Sampah Pasar Cimanggung

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Pemkab Sumedang menjajaki kerja sama dengan PT Sunsilon untuk menangani masalah sampah di Pasar Kecamatan Cimanggung yang semakin menggunung.

Hal itu terungkap dalam audiensi antara Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, dengan Direktur PT Sunsilon, Tirta di Ruang Kerja Bupati Lantai 2 Setda, Komplek Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis, 4 Agustus 2022. 

“Kita mengajak PT. Sunsilon untuk menangani permasalahan sampah yang ada di Cimanggung karena setiap hari sampah dari masyarakat maupun warga pasar kian menggunung, harus ditemukan solusi dan cara yang tepat menanganinya,” ucapnya.

Berkaitan dengan hal itu, ia meminta bantuan kepada PT. Sunsilon berupa pinjam pakai lahan atau hibah untuk tempat penampungan sampah sementara agar tidak terjadi penumpukan di sekitar areal pasar.

Baca juga:   Korwil III GMKI Temui Bupati Sumedang, Ada Apa?

“Selain tempat pembuangan sampah sementara, juga diperlukan pemilahan sampah atau TPS 3R, Reduce, Reuse dan Recycle yang nantinya tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Diharapkan bupati, kerja sama tersebut bisa disepakati kedua belah pihak dan segera terealisasi. 

“Saya harap nanti kerja sama ini sudah benar-benar bisa jalan. Ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya, dimulai dari PT. Sunsilon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” pintanya. 

Sementara itu, Tirta mengungkapkan bahwa pihaknya akan berupaya mendukung penanganan sampah di Pasar Cimanggung dan akan pertimbangkan usulan dari Pemkab Sumedang tersebut.

“Kami harap bisa segera terwujud. Kerja sama pemanfaatan lahannya bisa (dalam bentuk) pinjam pakai atau hibah. Kami siap,” kata Tirta.