FIGUR  

Profil Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli

Profil Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli
Ist/R015/ruber.id

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melantik tiga penjabat kepala daerah, salah satunya Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli, Sabtu (20/4/2024).

Sebelumnya, Yudia Ramli menjabat Direktur BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah sekaligus Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) pada Setjen Kementerian Dalam Negeri.

Yudia Ramli merupakan lulusan S2 (Magister) Universitas Gajah Mada (UGM) tahun 2004 jurusan Ilmu Administrasi Publik. Setelah sebelumnya, lulus program S1 (Sarjana) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati Tahun 1992.

Pria kelahiran Bogor, 31 Oktober 1968 tersebut, mengawali karier sebagai pejabat pada Tahun 2000 yakni menjadi Kepala Subbag (Kasubbag) Perpustakaan dan Penerbitan pada Biro Umum Meneg Otonomi Daerah (Kementerian Dalam Negeri)

Ia juga ditugaskan beberapa kali di Eselon yang sama (IV.A) pada kementerian yang sama (Kemendagri) pula.

Di tahun 2010 Yudia naik jabatan menjadi Kepala Subdit Identifikasi Potensi Bencana pada Direktorat Pencegahan dan Penangggulangan Bencana Ditjen Pemerintahan Umum.

Kemudian, di Ditjen yang sama ia pernah menjabat sebagai Kepala Subdit Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan pada Direktorat Dekonsentrasi dan Kerja Sama dan Kepala Subdit Fasilitasi Kecamatan pada Direktorat Dekonsentrasi dan Kerja sama.

Yudia juga pernah menjabat Kepala Bidang Kerja sama Dalam Negeri pada Pusat Fasilitasi Kerja sama Sekertariat Jenderal di Tahun 2015 dan Kepala Subdit Fasilitasi Pelayanan Umum Pada Direktorat Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerjasama Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan pada Tahun 2018.

Selanjutnya berturut-turut, ia menjabat Plt. Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bandung pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (2020).

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bandung pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (2020).

Plt. Kepala Sekretariat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu pada Kemendagri (2021).

Sekretaris Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu pada Kemendagri (2021).

Direktur BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah (2023).