Sumedang Akhirnya Punya Gedung MUI, di Sini Lokasinya

Sumedang Akhirnya Punya Gedung MUI, di Sini Lokasinya

BERITA SUMEDANG.ruber.id РSetelah sekian lama, akhirnya Majelis Ulama Indonesia  (MUI) Kabupaten Sumedang akan memiliki gedung sendiri.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meletakkan batu pertama pembangunan gedung MUI Kabupaten Sumedang ini, Senin (3/22/2021).

Adapun gedung MUI Sumedang ini berlokasi di Jalan Prabu Gajah Agung, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

Pembangunan tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Sumedang.

Sebab, beberapa kabupaten/kota lainnya masih ada yang belum memiliki kantor MUI tersendiri.

Wakil Ketua MUI Sumedang yang juga Ketua Panitia Pembangunan Zaenal Alimin menyatakan, pembangunan tersebut. Merupakan sejarah bagi Sumedang.

Di mana, kata Zaenal, pada kepemimpinan Bupati Dony Ahmad Munir harapan itu bisa terwujud.

“Sebagai bentuk ucapan terima kasih dan penghargaan. Saya meminta agar gedung ini nanti namanya Gedung Doamu.”

“Dan harapan kami, pembangunannya berjalan lancar dan cepat selesai,” ujarnya.

Dony menjelaskan, gedung tersebut berdiri di atas tanah seluas 24 tumbak. Dan biayanya mencapai Rp1.9 miliar.

“Anggaran ini melalui dana hibah APBD dan Baznas Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Ketua MUI Provinsi Jabar Prof. Dr. Rahmat Safii mengatakan, adanya pembangunan gedung MUI tersebut menjadikan MUI semakin optimal dalam melayani umat.

“Harapannya, MUI ada di tengah-tengah masyarakat. Melalui sarana prasana ini, MUI dapat memberikan pelayanan kepada umat secara maksimal,” ujar Rahmat.

Rahmat yakin bahwa, terselenggaranya peletakan batu pertama yang mengawali pembangunan ialah berkat dukungan dari seluruh stakeholders.

“MUI berperan penting dalam kesejahteraan masyarakat.”

“Oleh karena itu, MUI sebagai wadah musyawarah para ulama hendaknya memiliki sarana dan prasarana yang representatif,” imbuh Rahmat.

Pembangunan Gedung MUI Sumedang adalah Program Prioritas

Sementara, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyampaikan, pembangunan gedung MUI ini termasuk program prioritas. Pada tahun 2022, selain pembangunan gedung GOW.

“Target pembangunan gedung ini selesai di 2022. Agar cepat selesai 100%, harapan kami dapat bantuan dari pihak lainnya. Selain dari dana hibah dari Pemkab Sumedang,” ucapnya.

Tentunya, kata Dony, dengan hadirnya gedung MUI, MUI Sumedang bisa mengoordinasikan berbagai program untuk kemaslahatan umat.

Kemudian juga dapat memberi warna bagi Kabupaten Sumedang.

“Harapannya, MUI sebagai lembaga musyawarah dan pelayan umat bisa bersama-sama dengan pemerintah Kabupaten Sumedang dalam mewujudkan Sumedang Simpati,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Dony menyerahkan bantuan dana sebesar Rp100 juta kepada ketua panitia pembangunan.

Acara berlanjut, dengan peletakan batu pertama serta pengumpulan dana dari para undangan yang hadir dengan mengisi kotak yang telah pihak panitia sediakan.

Penulis/Editor: R003